Himagri Melaksanakan Buka Bersama (Bukber) 1439 H

Mengisi kegiatan Ramadhan dengan berbagai acara dan aktivitas ibadah menjadi agena rutin di beberapa kampus di Indonesia. Berbagai acara diinisiasi oleh para penyelenggara dari berbagai elemen.

Salah satu diantaranya adalah kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Himagri Faperta Uniska seperti tahun-tahun sebelumnya di setiap ramadhan selalu mengadakan aktivitas ramadhan, dan pada ramadhan kali ini juga mengadakan Buka Bersama (Bukber).

Dalam Bukber kali ini, panitia penyelenggara mengundang Wakil Dekan I Faperta (Bapak Muhammad Syarif Djaya, S.Pt., MP.) untuk memberikan tausiah/kultum menjelang buka puasa. Dalam ceramahnya, Beliau menjelaskan tentang pelajaran yang terkandung dalam ibadah puasa. Menurut beliau, ibadah puasa sebenarnya hanya dikhususkan kepada insan manusia yang beriman saja dengan tujuan akhir agar manusia mendapatkan predikat yang tertinggi di mata Allah swt yaitu Taqwa. Selain itu, puasa juga untuk menumbuhkan empati manusia terhadap manusia lainnya yang dalam hidupnya jauh dari kecukupan hidup sehari-hari, dan yang terpenting menurut beliau bahwa kunci dari keberkahan dan ketaatan puasa  itu bila insan yang beriman tersebut tidak pernah menomorduakan shalat, karena sesungguhnya shalat itu adalah kunci utuk mendapatkan amal ibadah yang diusahakan termasuk ibadah puasa di bulan ramadhan.

Kegiatan Bukber ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Faperta (Bapak Arief Hidayatullah, S.Pi., MP.) dan Ketua Prodi Agribisnis (Ibu Inda Ilma Ifada, SP., MP.). Dalam keterangan Wakil Dekan III Faperta, kegiatan seperti sudah menjadi tradisi tahunan Himagri dan menjadi salah satu ajang untuk mempererat kebersamaan sesama anggota Himagri Faperta. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya acara Bukber saja, tetapi akan dilanjutkan dengan kegiatan Berbagi Sahur. Kegiatan ini diperuntukkan kepada masyarakat jalanan terutama pada saat menjelang sahur tiba. Paling tidak menurut beliau bahwa kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang ingin sahur dan bagi para pekerja jalanan di subuh hari menjelng sahur.

 

Semoga Faperta Uniska semakin terdepan.. Aamiin..VIVA FAPERTA (MSD, 2018)

Share! ke media sosial anda...!