Sejarah

Manusia berpendidikan adalah suatu kebutuhan yang sangat diperlukan dalam rangka sebagai penggerak maupun pelaksana pembangunan diberbagai bidang. Salah satu sektor pembangunan yang paling strategis adalah sekotr pendidikan, baik ditingkat dasar, menengah dan utamanya di tingkat perguruan tinggi yang dirasakan sangat diharapkan mampu menjadi tongak sebagai penerus pelaksana pembangunan yang bekerja secara interdisipliner agar mampu menjawab tantangan secara pragmatis.

Atas dasar tersebut diatas, Bapak Gubernur KDH. Tk. I Provinsi Kalimantan Selatan, dengan rekomendasinya No.135/Rek/Kes/1981 tanggal 18 Juli 1981 dan Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Kalimantan Selatan dengan suratnya No. 42/1.152//1.81 tanggal 14 Juli 1981 dirintislah berdirinya Universitas  Islam Kalimantan.

Setelah melalui proses persiapan untuk memenuhi persyaratan mendirikan Fakultas, maka pada tahun 1982/1983 didirikan Fakultas-fakultas yang terdiri dari:

  1. Akademika Publikasi menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), jurusan Komonikasi dangan Program Studi Jurn alistik, dan Jurusan Administrasi dangan Program Studi Administrasi Negara.
  2. Akademika Bahasa Asing menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jurusan Bahasa dan Seni Program Studi Bahasa Inggris, dan Jurusan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Bersamaan dengan berdirinya kedua Fakultas ini, didirikan pula Fakulltas baru yakni: Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Perusahaan, dan Fakultas Pertanian dengan Jurusan Peternakan Program Studi Produksi Ternak.

Prodi Peternakan adalah  prodi pertama di Kalimantan. Berdiri pada tahun 1982. Telah menghasilkan ribuan Sarjana Peternakan dan bekerja di berbagai Instansi baik dipemerintahan maupun Swasta. Tenaga kerja  Sarjana Peternakan selalu diperlukan sepanjang masa, dan telah Terakreditasi ”B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Share! ke media sosial anda...!