Praktikum Hidroponik Prodi Agribisnis

Mahasiswa Agribisnis Menanam Sayur Mayur dengan Teknik Hidroponik

Tribun Faperta. Program studi agribisnis kembali melakukan kegiatan praktik untuk mempersipkan alumninya yang tidak hanya ahli dalam bidang bisnis tetapi juga terampil dalam menguasai berbagia keahlian khususnya dalam penguasaan teknik bercocok tanam dengan menggunakan lahan non tanah sebagai media tumbuh, tetapi menggunakan teknik HIDROPONIK, yaitu suatu teknik dimana penanaman tanaman dengan media limbah plastik dan spon sebagai media tumbuh tanaman terutama pada tanaman sayuran seperti sawi dan tanaman sayuran lainnya.

Kegiatan praktik ini langsung dipandu oleh salah satu dosen agribisnis yang ahli dibidang hidroponik yaitu Bapak Ir. H. M. Ilmi Hidayat, MP.

Dalam keterangan beliau, bahwa teknik hidroponik ini adalah teknik bercocok tanam dengan media non tanah, hanya saja sumber unsur hara tanaman seperti halnya pada tanah biasa. Selain itu, teknik ini juga menggunakan bantuan listrik dalam rangka untuk mengaktifkan air selalu mengalir untuk menyalurkan unsur hara ke tanaman yang sedang ditanam pada media plastik.

Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi salah satu solusi bagi masyarakat dalam pengadaan sayuran walaupun tanpa lahan yang luas, dan kita selalu berharap semoga agribisnis kedepan semakin maju dan unggul. Amin. (MSD, 04/05/2018).

 

Share! ke media sosial anda...!