Mahasiswa Peternakan Praktikum Teknologi Pakan

Tribun Faperta. Dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas, program studi peternakan terus berusaha membekali mahasiswanya dengan memperbanyak kegiatan praktikum pada berbagai mata kuliah sesuai dengan kurikulum peternakan terutama kurikulum yang mengacu kepada konsep KKNI.

Salah satu kegiatan praktikum yang sempat diliput oleh tim Faperta adalah praktikum teknologi pakan yang dilaksanakan di laboratorium dasar Fakultas Pertanian dan laboratorium lapang Bentok, dimana dalam praktikum ini mahasiswa dibimbing langsung oleh salah satu dosen pengampu mata kuliah teknologi pakan yaitu Bapak Muh. Syarif Djaya, S.Pt., M.P.

Salah satu mahasiswa praktikan yang diwawancarai mengatakan bahwa praktik kali ini adalah praktik membuat Urea Multi Nutrien Blok (UMMB) untuk merangsang napsu makan ternak sekaligus untuk memenuhi kekurangan zat gizi ternak, kegiatan ini dipusatkan di laboratorium dasar Faperta dan kegiatan amoniasi yang dipusatkan di laboratorium lapang Bentok sebagai salah satu inovasi teknologi pakan dalam rangka untuk mengawetkan pakan sekaligus untuk meningkatkan nilai nutrisi pakan terutama hijauan kering atau sejenis jerami yang memiliki nilai nutrisi rendah. Hal senada disampaikan oleh Bapak Syarif (dosen pembimbing), bahwa praktikum ini adalah melakukan pengawetan pakan denga proses amoniasi (dengan menggunakan urea) untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pakan terutama meningkatkan daya TDN pakan sekaligus meningkatkan nilai nutrisi pakan terutama protein kasarnya.

Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang mampu mencetak alumni peternakan yang handal dan berdaya saing tinggi, dan kita selalu berharap semoga peternakan kedepan semakin maju dan unggul. Amin. (MSD, 03/07/2018).

Share! ke media sosial anda...!